Selasa, 27 Mei 2025

Karakteristik Pertumbuhan Fisik Pada Siswa Sekolah Menengah Adalah

Karakteristik Pertumbuhan Fisik Pada Siswa Sekolah Menengah Adalah

Pada usia sekolah menengah, penampilan fisik siswa berubah akibat perubahan hormon, begitu juga cara hidup mereka. a. jelaskan profil perkembangan fisik antara siswa sltp dengan siswa slta b. jelaskan perbedaan profil perkembangan intelektual antara siswa sltp dan siswa slta?

1. Pada usia sekolah menengah, penampilan fisik siswa berubah akibat perubahan hormon, begitu juga cara hidup mereka. a. jelaskan profil perkembangan fisik antara siswa sltp dengan siswa slta b. jelaskan perbedaan profil perkembangan intelektual antara siswa sltp dan siswa slta?


Jawaban:

A) > Pada usia 11-12 th tinggi anak laki" dan wanita tidak jauh berbeda, pada usia 12-13 th pertambahan tinggi badan anak wanita lebih cepat dari pada anak laki" tetapi pada usia 14-15 anak laki" akan mengejarnya sehingga pada usia 18-19 tinggi badan laki" jauh dari wanita(lebih tinggi)

B) > Perbedaan profil perkembangan intelektual antara siswa SLTP dan siswa SLTA...

> Berfikir abstrak adalah berfikir tentang ide" yang oleh Jean Piaget disebut sebagai berfikir formal operasional

Berkembangnya kemampuan berfikir operasional pada masa remaja ditandai dengan 3 hal yaitu:

1.Anak mulai mampu melihat (berfikir) tentang kemungkinan"

2.Anak telah mampu berfikir ilmiah,dari mulai merumuskan masalah,membatasi masalah,menyusun hipotesis,mengumpulkan dan mengolah data sampai dengan menarik kesimpulan"

3. Remaja telah mampu memadukan ide" secara logis.

>Konflik remaja lebih sering terjadi pada ibunya. Konflik remaja akan hilang dengan sendirinya pada usia 18th. Semakin kuat perhatian orang tua terhadap kehidupan remaja, akan semakin tinggi prestasi yang dicapai disekolah.

Penjelasan:

Semoga membantu...


2. Berapa persen jumlah siswa menengah yang bersekolah di sekolah kejuruan


Jawaban:

10%.....................


3. organisasi para siswa di tingkat sekolah menengah adalah


kalau saya disekolah itu namanya osis OSIS => Organisasi Siswa Intra Sekolah

4. 1. Tuliskan kaitan antara pertumbuhan fisik atau jasmani dengan perkembanganintlektual !2. Tuliskan dan Jelaskan perbedaaan individu anak usia sekolah menengah !​


Jawaban:

1.KeterkaitanPertumbuhan Fisik atau Jasmani dengan PerkembanganIntlektual

Pertumbuhan fisik dan perkembangan intelektual sejalan dengan bertambahnya usia serta pengalaman. Pertumbuhan fisik terjadi sangat cepat pada usia-usia muda, terutama anak-anak dan remaja. Disini perubahan signifikan terjadi baik itu mempengaruhi fisik maupun intelektualnya. Pertumbuhan fisik dipengaruhi oleh banyak faktor terutama makanan dan lingkungan. Perkembangan intelek juga dipengaruhi banyak faktor yang berasal dari lingkungan tempat tinggal individu tersebut.

Kondisi yang mempengaruhi perkembangan remaja adalah; pengaruh keluarga, pengaruh gizi, gangguan emosional, jenis kelamin, status sosial ekonomi, kesehatan, dan pengaruh bentuk tubuh. Disamping itu pengaruh lingkungan juga mempengaruhi perkembangan fisik remaja. Seberapa jauh perubahan pada masa remaja akan mempengaruhi perilaku sebagaian besar tergantung pada kemampuan dan kemauan anak remaja untuk mengungkapkan keprihatinan dan kecemasannya kepada orang lain sehingga dengan begitu ia dapat memperoleh pandangan baru dan yang lebih baik.

Perubahan pada masa remaja sering mempengaruhi sikap dan perilakunya. Hurlock (1992) mengemukakan perubahan yang terjadi, yaitu: ingin menyendiri, bosan, inkoordinasi, antagonis sosial, emosi yang meninggi, hilangnya kepercayaan diri, dan terlalu sederhana. Sejumlah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik individu, yaitu, faktor internal (sifat jasmaniah yang diwariskan dari orang tuanya dan kematangan) dan faktor eksternal (kesehatan, makanan, dan stimulasi lingkungan).

2.Perbedaaan Individu Anak Usia Sekolah Menengah

Perkembangan fisik pada siswa usia sekolah menengah ditandai dengan adanya perubahan bentuk, berat, dan tinggi badan. Selain hal itu, perkembangan fisik pada usia ini ditandai pula dengan munculnya ciri-ciri kelamin primer dan sekunder. Hormon testoterone dan estrogen juga turut mempengaruhi perkembangan fisik.

Perkembangan intelektual siswa sekolah menengah ditandai dengan berkembangnya kemampuan berpikir formal operasional. Selain itu, kemampuan mengingat dan memproses informasi cukup kuat berkembang pada usia ini

Perkembangan pemikiran sosial dan moralitas nampak pada sikap berkurangnya egosentrisme.

Terdapat berbagai mazhab atau aliran dalam pendidikan yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Di antaranya adalah aliran nativisme, empirisme, dan konvergensi.

Papalia dan Olds (1992:7-8) menyebutkan faktor internal dan eksternal yang telah memberi pengaruh besar terhadap perkembangan anak. Urie Bronfenbrenner menyatakan ada 4 tingkatan pengaruh lingkungan seperti, sistem mikro, meso dan exo yang membentuk pribadi anak. Sedangkan pandangan konvensional menyatakan bahwa ada 3 faktor dominan yang mempengaruhi perkembangan siswa yaitu pembawaan, lingkungan dan waktu.

Every credit goes to the writer.

Semoga membantu :)


5. Organisasi para siswa di tingkat sekolah menengah adalah?


OSIS dalam singkatan dapat merujuk pada: Organisasi Siswa Intra Sekolah 1) OSIS (organisasi Siswa Intra Sekolah)
2) Organisasi Ekstra Kurikuler
3) Organisasi kepengurusan sekolah
4) Koperas sekolah
5) Paskibraka
6) Palang merah remaja
7) Karya ilmiah remaja
8) Pramuka

M
A
A
F

K
A
L
A
U

S
A
L
A
H

6. Tulislah 30 hal baik yang harus dilakukan seorang siswa Sekolah Menengah Pertams?


Jawaban:mengerjakan tugas, traktiran sesama teman, hormat kepada senior

Penjelasan:

Karna saya telah melakukanya

Jawaban:1. Menaaati peraturan sekolah

2. Sopan terhadap guru

3. Melakukan hal2 baik

4. Menghargai teman

5. Sopan kepada kakak kelas

6. Belajar dengan giat

7. Berkreasi

8. Belajar dengan tekun

9. Menjaga lingkungan sekolah

10. Menjaga nama baik sekolah

Penjelasan: maaf cuma 10


7. bagaimana peran tenaga pengajar dalam menghadapi siswa sekolah menengah dalam pendangan psikologi ?


dalam pandangan psikologi,pengajar harus benar-benar memahami karakter siswanya,diusahakan ketika mengajar tidak membuat para siswa bingung dan bertanya tanya apalagi sampai mumbuat bosan dalam arti mengulang materi yg sudah diberikan kecuali terdapat siswa yang masih tidak menegrti.pengajar dilarang keras menggunakan bahasa yg membuat siswa kecewa karena dalam siswa menengah biasanya tidak mudah untuk menerima.pengajar harus benar benar keras dalam mengajar dilarang pilih pilih siswa.siswa harus mendapatkan pengajaran yang rata agar semua siswa mendapat pendidikan yang setara.pengajar harus membangun karakter siswa yang baik karena itulah TUJUAN penting bagi tenaga pengajar membangun karakter siswa yang sebenarnya dalam hal yang positif dan baik dengan siswanya sendiri.

8. Sebutkan hak-hak kalian sebagai seorang pelajar di sekolah sebagai seorang siswa sekolah menengah pertama? ​


Jawaban:

Contoh Hak seorang siswa di sekolah adalah :

Mendapatkan ilmu yang memadai dari seorang guru.

Tidak mendapat diskriminasi dari warga sekolah.

Mendapatkan kebebasan serta kemudahan dalam menjalankan keyakinan agamanya.

Diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan kepada guru.

Penjelasan:

Jadikan jawaban terbaik


9. Keterampilan apakah yang wajib dikuasai siswa lulusan sekolah menengah umum ?


bisa menggunakan komputer

10. berikan contoh penelitian dasar kemiliteran kepada siswa sekolah menengah


harus giat belajar,memiliki tubuh yg bagus,kesehatan harus dijaga,dan harus memeiliki kecerdasan yg tinggi

11. apakah fungsi tes kebugaran jasmani bagi siswa sekolah menengah?


untuk mengetahui seberapa kuat fisik kita

12. Jumlah siswa SMA 1650 jumlah siswa SMK 1050. Berapa persen jumlah siswa menengah yang bersekolah di sekolah kejuruan


jumlah seluruh siswa menengah = 1650+1050 = 2700
persen jumlah siswa kejuruan = (1050/2700) × 100% = 7/18 × 100% = 38,89%1050/2700.100%=38,8%

13. Di Jakarta, sering kita mendengar di televisi tentang tawuran siswa antar sekolah menengah atas yang tidak jarang menimbulkan korban jiwa. Apa yang menyebabkan siswa melakukan tindakan tersebut dilihat dari kebutuhan siswa pada usia sekolah menengah menurut Murray?​


Jawaban:

karena adanya ketidak rukunan

Penjelasan:

mungkin saja bahwa anak anak itu sedang stres terhadap tugas atau tekanan yang berlebihan yang membuat mereka melakukan hal tersebut


14. Karya ilmiah yang dibuat oleh siswa sekolah menengah disebut


dinamakan Makalah.maaf kalo salah

15. di Jakarta sering kita mendengar di televisi tentang tawuran siswa antar sekolah menengah atas yang tidak jarang menimbulkan korban jiwa Apa yang menyebabkan siswa melakukan tindakan tersebut dilihat dari kebutuhan siswa pada usia sekolah menengah menurut murai​


Jawaban:

penyebabnya mungkin bermusuhan

Penjelasan:

maaf kalo salah


16. Keterampilan apakah yang wajib dikuasai siswa lulusan sekolah menengah umum ?


Rata- rata paling gak harus bisa bahasa inggris dan mengoperasikan komputer

17. siswa sekolah menengah atas tergolong dalam tahap ...


tahap pada masa menuju dewasa Siswa dalam perkembangan(remaja ke dewasa)

18. sebuah sekolah menengah pertama dengan x siswa tahun lalu tahun ini meningkat 3% berapakah banyak siswa tahun ini​


Jawaban:

solusinya: 1+3persen=103/100


19. Bahasa arab saya siswa sekolah menengah atas/kejuruan


أنا طالب في المدرسة الثانوية أو المهنية

'ana talab fi almadrasat alththanawiat 'aw almihnia

maaf ya klo salah..


20. tahapan belajar renang para pemula atau siswa sekolah menengah pertama adalah


Jawaban:

pengenalan air

Penjelasan:

karena sesuatu harus dg pengenalan

.....


Video Terkait

0 komentar:

Posting Komentar